Jumat, 16 Februari 2018

Keunikan Tari Jepen dari kalimantan Timur

Tari Jepen

Tari Jepen

Tarian ini terinspirasi dari kebudayaan melayu dan juga budaya islam. Tari jepen ini berkembang diberbagai daerah pinggiran sungai Mahakam Provinsi Kalimantan Timur. Tari Jepen ini merupakan salah satu tarian tradisional yang mempresentasikan kebudayaan melayu yang dinamis, energik, atraktif, dan bersahaja.


Pada dasarnya gerakan dalam Tari Jepen ini sangat kental akan nuansa melayu. Sama halnya seperti tarian yang ada di Indonesia lainnya, yakni seperti tari zapin, tari dana, dan tari bedana yang semuanya berasal dari masyarakat suku melayu. Salah satu yang menunjukkan dari ciri khas melayu terlihat pada tata rias serta busananya. Dalam tata rias para penari wanita umumnya dibuat minimalis, tanpa menghilangkan sentuhan dari khas melayu dibusana penari tersebut. Dalam pertunjukannya, tarian ini terdiri dari 2 (dua) jenis yaitu Tari Jepen eroh dan juga Tari Jepen genjoh mahakam. Selengkapnya tentang Tari Jepen dapat anda lihat pada artikel berjudul "Tari Jepen, Tarian Tradisional Dari Provinsi Kalimantan Timur".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Keunikan tari Dinggu dari Sulawesi tenggara

 Tari Dinggu Tari Dinggu Tarian ini merupakan tarian rakyat yang menggambarkan suatu suasana dan aktivitas masyarakat pada saat musi...