Jumat, 16 Februari 2018

Keunikan Tari Sigale gale dari Sumatra Utara

Tari Sigale-Gale

Tari Sigale-Gale, Tarian Tradisional Dari Sumatera Utara
Tari Sigale-Gale

Tari Sigale-gale merupakan tari tradisional yang diperagakan oleh patung dan terbuat dari kayu yang menyerupai seorang manusia. Tarian ini berasal dari Provinsi Sumatra Utara yang dibanggakan oleh masyarakat Batak Toba. Sigale-gale memiliki arti lemah gemulai. Sigale-gale, dapat dikatakan kesenian wayang orang Batak sejak ratusan tahun silam. Cerita dari si gale-gale ini menceritakan tentang seorang anak laki-laki yang amat sangat disayangi oleh ayahnya. Disuku batak seorang anak laki-laki sangat dijunjung tinggi, maka dari itu jika dikeluarga tidak memiliki seorang anak laki-laki, itu menjadi sebuah keburukan bagi suku batak.


Suasana dari pertunjukan tarian boneka Sigale-gale memang sangat menarik serta menghibur. Bayangkan, sebuah boneka yang dibagian belakangnya terdiri dari dua atau tiga seorang dalang ini akan menarik jalur-jalur tali secara anatomis. Boneka yang tingginya hingga mencapai satu setengah meter tersebut diberi kostum tradisonal Batak. Bahkan semua unsur gerak-geriknya di dalam pertunjukan menciptakan kesan seperti seorang model manusia. Kepalanya dapat diputar ke samping kanan dan kiri, mata dan lidahnya juga dapat bergerak, kedua tangan kemudian bergerak seperti tangan-tangan manusia yang dapat menari serta menurunkan badannya lebih rendah, seperti jongkok pada saat menari. Padahal semua gerakan tersebut hanya di atas peti mati, yaitu tempat disimpannya boneka Sigale-gale setelah dipajang atau dimainkan. Selengkapnya tentang Tari Sigale-Gale dapat anda lihat pada artikel berjudul "Tari Sigale-Gale, Kesenian Unik Dari Sumatera Utara".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Keunikan tari Dinggu dari Sulawesi tenggara

 Tari Dinggu Tari Dinggu Tarian ini merupakan tarian rakyat yang menggambarkan suatu suasana dan aktivitas masyarakat pada saat musi...