Jumat, 16 Februari 2018

Keunikan Tari Lilin dari Sumatra Barat

Tari Lilin

Tari Lilin, Tarian Tradisional Dari Sumatera Barat
Tari Lilin

Seperti namanya, tarian tradisional ini dimainkan oleh para penari dengan memakai piring kecil dan lilin yang menyala di atasnya sebagai atribut dalam menari. Tari lilin dimainkan oleh sekelompok para penari dengan gerakannya yang atraktif serta seirama dengan alunan musik yang mengiringinya.


Menurut beberapa sumber, tarian tradisional ini dahulunya merupakan tarian istana dan biasa ditampilkan di malam hari. Konon asal usul dari tarian tradisional ini tidak lepas dari cerita rakyat. Di dalam cerita rakyat tersebut di ceritakan bahwa di zaman dahulu ada seorang gadis yang di tinggal oleh tunangannya untuk pergi berdagang. Di suatu hari sang gadis kehilangan cincin pertunangannya, lalu dia mencari cincin tersebut sampai larut malam dengan memakai lilin yang ditaruh di atas piring. 

Di dalam usahanya mencari cincin tersebut, sang gadis harus berkeliling mengintari pekarangan rumahnya, bahkan dia juga harus membungkuk untuk menerangi tanah dan terkadang gerakan sang gadis tersebut terlihat seperti sedang bergerak meliuk-liuk sehingga terlihat seperti gerakan tarian yang sangat indah. Dari sinilah kemudian Tari Lilin ini lahir dan kemudian mulai dikenal di kalangan para gadis desa.

Fungsi Tari Lilin dahulunya hanya ditampilkan acara adat, yakni sebagai ungkapan rasa syukur terhadap Tuhan atas hasil dan pencapaian yang di dapatkan masyarakat. Seiring dengan perkembangan zaman, fungsi dari Tari Lilin kini ini tidak hanya ditampilkan di acara adat saja, melainkan juga sebagai kesenian dan hiburan. Selengkapnya tentang Tari Lilin dapat anda lihat pada artikel berjudul "Tari Lilin, Tarian Tradisional Dari Sumatera Barat".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Keunikan tari Dinggu dari Sulawesi tenggara

 Tari Dinggu Tari Dinggu Tarian ini merupakan tarian rakyat yang menggambarkan suatu suasana dan aktivitas masyarakat pada saat musi...