Jumat, 16 Februari 2018

Keunikan Tari caci dari NTT

 Tari Caci

Tari Caci, Tarian Tradisional Dari NTT
Tari Caci

Tari Caci adalah salah satu kesenian tradisional sejenis tarian perang khas dari masyarakat Manggarai di Pulau Flores, Provinsi Nusa Tenggara timur. Tarian ini merupakan tarian tradisional yang dimainkan oleh 2 (dua) para penari laki-laki yang menari dan juga saling bertarung dengan menggunakan cambuk dan sebuah perisai sebagai senjatanya.


Menurut sejarah, Tari Caci ini berawal dari sebuah tradisi masyarakat Manggarai dimana para laki-laki akan saling bertarung satu lawan satu untuk menguji keberanian dan juga ketangkasan mereka dalam bertarung. Tarian ini kemudian berkembang menjadi kesenian dimana ada gerakan tari, lagu, dan juga musik pengiring dalam memeriahkan acara. Nama Tari Caci ini sendiri berasal dari kata ca yang berarti satu dan kata ci yang berarti uji. Sehingga caci ini dapat diartikan sebagai uji ketangkasan dengan cara satu lawan satu. Selengkapnya tentang Tari Caci dapat anda lihat pada artikel berjudul "Tari Caci, Tarian Tradisional Dari Flores Provinsi Nusa Tenggara Timur".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Keunikan tari Dinggu dari Sulawesi tenggara

 Tari Dinggu Tari Dinggu Tarian ini merupakan tarian rakyat yang menggambarkan suatu suasana dan aktivitas masyarakat pada saat musi...